Sambutan Kaprodi

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh,

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah, Pemilik dan Robb alam semesta yang telah memberikan nikmat tiada terkira sehingga media ini akhirnya dapat berkibar di dunia maya. Sholawat dan salam sepanjang masa semoga senantiasa tercurah kepada Baginda Rasulullah Muhammad saw. yang selalu menjadi inspirasi kami untuk menebar kebaikan dan kedamaian di dunia ini.

Selamat datang di website Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC) Mojokerto.  Suatu program studi yang didesain khusus dalam membidangi pendidikan anak-anak usia sekolah dasar dalam naungan kampus yang berciri khas pesantren aswaja ala Nahdlatul ‘Ulama.  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu program studi yang disiapkan untuk mendidik calon guru pada tingkat dasar (MI/SD).

Dahulu Madrasah Ibtidaiyah sering dipandang sebelah mata dan tidak menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya. Padahal Madrasah Ibtidaiyah merupakan sekolah yang amat ideal bagi anak-anak sebagai bekal mereka di masa mendatang. Di samping mata pelajaran umum yang sama seperti pada sekolah umum (SD), MI juga mengajarkan berbagai mata pelajaran agama yang bertujuan untuk menguatkan konsep keimanan dan karakter siswa (Aqidah Akhlaq); memberi pengertian dan pemahaman yang sahih atas dasar agama (al Quran Hadits); memahamkan dan melatih praktik ibadah dan mu’amalah (Fiqih); serta mempelajari teladan para tokoh dan peradaban terdahulu (Sejarah Islam). Dengan segala kelebihan MI daripada SD, para orang tua mulai banyak yang sadar akan keunggulan madrasah ini dan berbondong-bondong menyekolahkan anak-anak mereka ke MI. Akhirnya, banyak sudah Madrasah Ibtidaiyah yang terkenal berkualitas dan menjadi favorit masyarakat dengan pelbagai fasilitas yang lengkap, bagus kualitas pendidiknya dan banyak prestasi yang dicapai.

Para guru MI, yang notabene adalah guru kelas, berkewajiban memiliki kompetensi untuk mengampu berbagai muatan pelajaran tersebut. Di samping menjadi garda terdepan pendidikan karakter anak-anak dengan pemberian teladan kepribadian yang baik dalam pergaulan di sekolah maupun di masyarakat. Yang tak kalah penting, para pendidik MI merupakan corong utama untuk memperkenalkan konsep dan praktik Islam yang tasamuh (toleran) dan tawazun (moderat) kepada generasi penerus bangsa. Kesemua kompetensi tersebut termaktub dan tertuangkan dalam rancangan kurikulum kami di Prodi PGMI IKHAC.

Jangan ragu-ragu bergabung bersama kami. Mari bersama mewujudkan pendidikan dasar yang berkarakter, berkualitas dan bercirikan Islam yang penuh damai bersama PGMI IKHAC!

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Mojokerto, 3 Agustus 2018

Kaprodi

Mokhammad Nizzam