Sejarah Himaprodi

SEJARAH HIMAPRODI PGMI IPKHAC

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI) PGMI Institut Pesantren KH. Abdul Chalim terbentuk karena adanya sebuah pendapat dari beberapa teman-teman mahasiswa dan juga dosen untuk membentuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), selain itu ada pula faktor lain seperti desakan dari beberapa mahasiswa dari prodi lain yang sudah membentuk kepengurusan himaprodi.

Tujuan dibentuknya himpunan mahasiswa tersebut agar mahasiswa memiliki sebuah organisasi yang bisa menjadi media atau sarana dalam membuat dan menjalankan kegiatan-kegiatan di luar jam perkuliahan yang sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa, terutama kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan prgram studi atau jurusan itu sendiri. Namun pendapat untuk pembentukan kepengurusan BEM terganjal, dikarenakan kampus IPKHAC merupakan kampus swasta yang baru berdiri dan mahasiswanyapun tidak sebanyak kampus-kampus lain. Akhirnya, semua kosma (ketua kelas) dari semua prodi berkumpul untuk membahas hal tersebut, dan menghasilkan keputusan bahwa harus dibentuk himpunan mahasiswa program studi atau jurusan pada masing-masing prodi.

Kelas PGMI langsung memilih dua mahasiswa sebagai calon ketua himaprodi, waktu itu terpilihlah nama Gito Ariandi mahasiswa asal Batam Kepulauan Riau dan Nurul Kamal yang merupakan mahasiswa asal Jepara Jawa Tengah. Pemilihan dilakukan secara langsung, yaitu voting terbuka. Dari 33 mahasiswa yang ada di kelas PGMI banyak yang menjatuhkan pilihannya kepada Nurul Kamal untuk menjadi ketua himaprodi (kahima).

Seminggu berselang dari terpilihnya Nurul Kamal, diadakan rapat atau diskusi dengan semua mahasiswa kelas PGMI. Dalam diskusi tersebut terpilih beberapa nama yang telah disepakati bersama untuk menjadi pengurus hima, yang akan membantu tugas-tugas kahima, seperti sekretaris dan bendahara hima. Setelah adanya kepengurusan hima, maka pada tanggal 5 agustus 2017 diadakan kembali pertemuan untuk membahas visi dan misi himaprodi PGMI, sebagai berikut :

VISI:

Menjadi Program Studi terdepan sebagai guru Madrasah Ibtidaiyah yang Profesional, Kompetitif, Inovatif dan Berakhlakul Karimah

MISI :

  1. Melaksanakan pendidikan atau pengajaran yang bermutu dalam rangka Pembentukan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  2. Memberikan kontribusi dalam program studi yang dapat diakui kredibilitas serta kapabilitasnya
  3. Melakukan inovasi pendidikan untuk mengembangkan keilmuan berlandaskan nilai-nilai keislaman

Begitulah proses terbentuknya kepengurusan Himaprodi PGMI di tahun pertamanya, semoga kedepannya Himaprodi PGMI selalu bisa memberikan kontribusinya dalam kemajuan Institut Pesantren KH Abdul Chalim.